Persiapkan Diri Kamu dalam Seleksi Masuk Pegawai Negeri Sipil 2019/2020 dengan Simulasi CAT CPNS Terlengkap

Bukan rahasia lagi, bahwa tiap tahunnya ribuan orang Indonesia bertanding dalam seleksi penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Salah satu rangkaian seleksi penerimaan CPNS yakni SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) yang wajib diselesaikan oleh peserta yang lolos seleksi administrasi.

Seperti tahun sebelumnya, SKD CPNS tahun ini juga dilaksanakan dengan memakai cara Computer Assisted Test (CAT). Dalam rangkaian seleksi penerimaan CPNS, ada 2 tahap penilaian penting, adalah SKD dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

2 tahap seleksi ini memiliki muatan yang berbeda, SKD memiliki nilai 40 persen dan SKB memiliki nilai 60 persen.

Soal-soal SKD dihasilkan oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) yang meliputi 3 kelompok soal, yakni Ujian Wawasan Kebangsaan (TWK), Ujian Intelegensia Awam (TIU), dan Test Karakteristik Pribadi (TKP). Apa maksud dari ketiga klasifikasi soal tersebut? Mari kita bahas satu per satu.

1. Test Wawasan Kebangsaan (TWK)

Test Wawasan Kebangsaan (TWK) bertujuan  untuk mengukur ilmu dan juga kecakapan peserta dalam mengimplementasikan nasionalisme, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, integritas, bela negara, pilar, negara, dan juga NKRI.

Implementasi NKRI sendiri mempunyai beberapa cakupan, yaitu sejarah perjuangan, sistem tata negara, dan juga peran bangsa Indonesia dalam lingkup regional maupun global. Kemampuan berbahasa Indonesia secara bagus dan benar juga menjadi pengukuran penting.

2. Test Intelegensia Lazim (TIU)

Test Intelegensia Umum (TIU) yaitu Ujian yang memiliki tujuan  untuk mengevaluasi intelegensia peserta seleksi. Kecakapan ini meliputi kecakapan verbal, numerik, figural, dan nalar.

Kemampuan lisan yakni kesanggupan peserta seleksi untuk memperkenalkan berita, baik secara verbal maupun tulisan. Kecakapan, kecakapan numerik ialah kesanggupan melakukan operasi hitungan dan juga berhubungan dengan angka-angka.

Kemampuan figuran merupakan kecakapan dalam analitik gambar, diagram, dan juga simbol. Lalu, kecakapan akal yaitu kesanggupan penalaran atau penyelesaian situasi sulit secara runtut dan sistematis.

3. Ujian Karakteristik Pribadi (TKP)

Pada Tes Karakteristik Pribadi (TKP) memiliki tujuan  untuk mengetahui karakter peserta, diamati dari cakupan pelayanan publik, profesionalisme, integritas diri, jejaring kerja, motivasi berprestasi, sosial tradisi, serta teknologi info dan komunikasi.

Kemampuan dalam kreasi, temuan, adaptasi, membatasi diri, bekerja mandiri dan tuntas, serta orientasi pada pelayanan dan orang lain diukur pada Tes ini. Kecakapan lain yang dievaluasi, mencakup kerjasama golongan, harapan untuk belajar berkelanjutan, serta menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2019 perihal Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan CPNS 2019, terdapat beberapa perubahan dalam SKD tahun ini.

Perubahan yang pertama adalah komposisi tiga klasifikasi soal. Soal-soal tahun ini diukur mempunyai muatan yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih ketat. Perubahan komposisi soal sendiri tak terlalu jauh, adalah TWK dari 35 menjadi 30 soal, TIU yang sebelumnya 30 menjadi 35 soal, meskipun TKP tetap 35 soal.

Untuk waktu proses SKD sendiri sama seperti tahun sebelumnya, ialah 90 menit untuk cara kerja 100 soal, dengan asumsi 54 detik/soal. Kecuali pengukuran juga masih sama, untuk jawaban benar TWK dan TIU memiliki nilai 5 skor. Kemudian kalau menjawab salah atau tidak menjawab pada TWK dan TIU memiliki nilai 0 skor. Untuk soal TKP, mempunyai poin bentang 1-5 nilai.

Dengan sebagian perubahan yang telah diumumkan, para peserta seleksi penerimaan CPNS mesti lebih mempersiapkan diri. Tak belajar dengan sungguh-sungguh, salah satu cara terbaik supaya persiapan lebih matang yaitu termotivasi berlatih. Tak perlu bingung mengenai latihan SKD, peserta seleksi dapat mencontoh simulasi cpns langit senjaku blog atau try out CAT CPNS secara online.

Menyelesaikan simulasi atau try out CAT CPNS online terlengkap akan membikin peserta seleksi mengenal model-teladan soal yang dikeluarkan ketika SKD nanti. Tidak hanya itu, akan ada pembahasan yang menambah wawasan peserta seleksi.

Perlu diketahui juga, bahwa untuk lolos SKD, ada passing grade atau nilai ambang batas penerimaan CPNS. Menurut Permenpan No 24 tahun 2019, terdapat perubahan passing grade yang perlu dikenal oleh para peserta seleksi.

Hukum peraturan tersebut, skor ambang batas yang wajib dilampaui oleh peserta seleksi, adalah 65 untuk TWK, 80 untuk TIU, dan 126 untuk TKP. Poin ambang ini berbeda dari formasi khusus, seperti alumni cumlaude, penyandang disabilitas, diaspora, dan juga putra/putri Papua dan Papua Barat.

Dengan beberapa perubahan tersebut, karenanya sudah harus peserta seleksi penerimaan CPNS lebih keras lagi dalam mempersiapkan diri menghadapi SKD CAT CPNS.

Tidak perlu kuatir, berikut yaitu kiat menghadapi SKD CAT CPNS yang sudah di depan mata.

1. Belajar

Trik yang pertama tentunya adalah belajar. Tidak perlu kebingungan mencari apa yang seharusnya dipelajari, dalam tiga klasifikasi soal SKD telah diterangkan apa saja cakupan soal yang akan dikeluarkan. Cakupan-cakupan yang telah dibeberkan sudah mempermudah peserta seleksi untuk mencari acuan belajar.

2. Mencari Informasi Terupdate Senantiasa Mengenai Seleksi Penerimaan CPNS

Melaksanakan updating terkait informasi penerimaan CPNS juga menjadi keharusan peserta seleksi. Kemampuan ini benar-benar penting, lantaran tak menutup kemungkinan kelompok, cakupan soal, passing grade, maupun muatan pengukuran mengalami perubahan setiap tahunnya.

Dengan mengenal semua perubahan yang sudah ditentukan, karenanya akan lebih gampang dalam membentuk taktik untuk lolos seleksi penerimaan CPNS.

3. Mengerjakan Soal dengan bagus

Usaha adalah aspek penting yang memberi pengaruh keberhasilan dalam seleksi penerimaan CPNS. Berusahalah untuk menjawab soal dengan semaksimal mungkin, apa lagi tidak ada skor minus (-) dalam pengevaluasian.

Jangan lupa untuk membaca imbauan pengerjaan soal, agar tidak mengerjakan kekeliruan cara kerja. Pada klasifikasi soal TKP, kerjakan semaksimal mungkin karena setiap jawaban memiliki nilai, atau tak ada poin 0.

4. Berdoa dan minta Restu Ibu

Iringi usaha dengan doa, supaya Ilahi  meridhai apa yang telah kita kerjakan. Jangan lupa juga untuk minta ridho kepada ayah dan bunda. Karenanya usahamu diliputi kebaikan, tingkatkan pula amalan-amalan baik.

5. Siap Jasmaniah dan Mental

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh peserta seleksi penerimaan CPNS adalah jasmani dan mental yang drop di hari seleksi. Terlalu keras dalam persiapan dan juga melewatkan sarapan seringkali membikin daya dan pikiran terkuras. Tidak heran jikalau banyak yang sakit di hari proses seleksi.

Selain ketidaksiapan lahiriah, mental yang tidak siap juga menjadi problem. Tidak jarang peserta seleksi mengalami blank dikala mengerjakan soal lantaran terlalu gugup. Menanamkan sikap tenang dan berserah diri pada Jasmaniah akan membikin mental jauh lebih siap dalam menjalankan ujian.

6. Memperbanyak Simulasi

Berlatih dengan teladan-figur soal yang mungkin dikeluarkan kala seleksi yakni salah satu sistem untuk mempersiapkan diri. Tak hanya melewati buku-buku yang menyediakan soal, dikala ini banyak contoh-teladan soal CAT CPNS yang tersedia di dunia maya.

7. Melakukan Soal Try Out CAT CPNS.

Untuk Simulasi soal try Out CPNS terlengkap Gratis, Bisa di sini!!

Bukan hanya latihan soal, mencontoh simulasi cat cpns gunung mas try out CAT CPNS yaitu langkah terbaik untuk mengetahui bagaimana jalannya seleksi nantinya. Dengan meniru simulasi, tidak hanya menerima pengalaman yang mirip dengan seleksi sebetulnya, soal seleksi yang berasal dari sumber relevan akan memperkaya dirimu dengan model soal baru yang mungkin belum pernah kamu tahu.

Dari sebagian tips di atas, dapat disimpulkan bahwa persiapan ialah kunci utama untuk lolos dalam seleksi penerimaan CPNS. Untuk mendapatkan persiapan yang optimal, mencontoh simulasi try out CAT CPNS ialah cara mudah sekaligus berkhasiat bagi para peserta seleksi.

Ada banyak hal yang dapat didapat dengan mengikuti simulasi try out CAT CPNS.  pertama adalah kesiapan mental. Dengan mencontoh simulasi try out CAT CPNS, kamu akan menikmati sensasi seleksi penerimaan yang hakekatnya. Jumlah soal, sistem pengevaluasian, dan juga waktu yang sama akan memberimu pengalaman sehingga lebih siap dalam menghadapi seleksi nantinya.

Selanjutnya, soal-soal yang diaplikasikan dalam simulasi cat cpns kemenkumham 2020 online yaitu soal-soal yang berasal dari sumber relevan. Sehingga, kau tidak perlu khawatir akan kesesuaian soal dengan klasifikasi serta cakupan materi yang diujikan nanti. , lewat soal-soal ini, kau bisa menemukan figur-contoh soal baru yang memperkaya wawasanmu.

Nah, sekian isu mengenai seleksi penerimaan CPNS dan juga persiapan seleksi melewati simulasi cpns jambi 2019 /try out CAT CPNS. Semoga bermanfaat dan dapat menyemangati untuk mempersiapkan diri sebaik-pantasnya dalam menghadapi seleksi penerimaan CPNS nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *